Sejarah singkat nabi Muhammad SAW


Meski ini hanya sejarah singkat, tapi masih banyak umat Islam yg belum memahaminya, termasuk teman2 dekat saya yg tiap hari mengaji.
Bahkan ada teman saya Muballigh yg bingung ketika saya tanya:
Nabi lahir di kota mana, Mekkah atau Madinah?
Hajji dilaksanakan di kota mana, Mekkah atau Madinah?
Dia bingung !!!
O.M.G Hellloooo....
Sampean kemana aja mas ....?
Tiada kata yg lebih tepat dalam moment seperti ini selain ucapan: SUBHAANALLOH.....
Mungkin dia sudah pernah mendengar sejarah, tapi lupa lagi gara2 mikirin harga sembako dan listrik yg terus naik....
He he he...

Sebelum kita bahas biografi Nabi, kita harus tahu bahwa di Arab Saudi ada dua kota suci, Mekkah dan Madinah.
Mekkah merupakan tempat untuk menunaikan ibadah haji/ umroh, karena di sana ada Ka'bah yg dibangun sejak zaman Adam dan dibangun lagi oleh Nabi Ibrahim karena hancur saat banjir zaman Nabi Nuh.
Ka'bah (Baitullah) dan sumur zam-zam berada di dalam Masjidil Haram, karena sumur zam-zam hanya berjarak sekitar 3-5 meter saja dari ka'bah. Begitu pula bukit Shofa dan Marwah, yg berjarak beberapa ratus meter dari Ka'bah kini sudah berada di dalam gedung Masjidil haram.
Lalu di dekat Mekkah ada daerah Mina (tempat melempar jumroh dan menyembelih qurban, sekitar 7 km dari Ka'bah), Muzdalifah (tempat mabit, sekitar 3,5 km dari Mina), dan Arofah (tempat wukuf, yg berjarak sekitar 25 km dari Ka'bah).
Arofah bukan lagi tanah haram, sedangkan Muzdalifah, Mina dan seluruh kawasan Mekkah merupakan tanah haram. Yaitu tempat yg diagungkan dengan diharamkan berperang di dalamnya, bahkan haram mencabut tanaman liar, membunuh dan mengusir hewan liar, serta mengambil barang temuan/ barang hilang.
Sedangkan Madinah berjarak sekitar 550 km dari Mekkah (sekitar 4 jam dengan Bus). Di sana terdapat Masjid Nabawi dan Makam Nabi SAW.
Mekkah menjadi tanah haram sejak zaman Nabi Ibrahim, dan Ibrahim pun dengan panduan Jibril membuat tapal batas tanah haram yg rata2 berjarak sekitar radius 15 km dari ka'bah, namun ada yg sampai 22 km dan adapula yg hanya 7 km, yaitu daerah Tan'im.
Sedangkan Madinah juga dinobatkan menjadi tanah haram oleh Nabi Muhammad SAW. Namun perbedaannya, kalau di Mekkah orang kafir dilarang masuk sejak Hajji Wada' (Thn 10 H).
Pada zaman Nabi Muhammad, Mekkah dihuni oleh kaum Quraisy yg sedianya ingin mengikuti Nabi Ibrahim, tapi karena lunturnya ilmu agama, mereka justru menjadi para penyembah berhala.
Sedangkan Madinah dihuni oleh suku Aus dan suku Khozroj yg beragama musyrik penyembah berhala, dan 3 suku beragama yahudi yg terdiri dari suku Bani Nadhir, Bani Quroidhzoh dan Bani Qoinuqo'.
Kaum musyrik Mekkah ataupun Madinah pada zaman Jahiliyah sudah biasa melakukan Haji ke Baitullah mengikuti syareat Nabi Ibrohim. Tapi karena keterbatasan ilmu, bid'ah yg mereka buat tidak tanggung2, "towaf dengan telanjang", ada yg "wukuf di Muzdalifah", ada yg "takut sa'i shofa - marwah".
Berikut ini adalah kronologi peristiwa penting dalam hidup Nabi:
1. Muhammad lahir di Mekkah, dalam kalender syamsiyah bertepatan pada 20 April 571 Masehi, namun yg dipakai di sana adalah kalender qomariyah yg bertepatan pada 12 Robi'ul Awal, 53 tahun sebelum Hijriyah, atau disebut tahun Gajah .
2. Umur 25 thn Muhammad menikah di Mekkah dgn Khadijah.
3. Umur 35 thn Muhammad mendapat gelar al- Amin pada saat acara pemugaran Ka'bah oleh kaum Quraisy.
4. Umur 40 thn Muhammad mendapat wahyu pertama di gua Hiro' di Mekkah dan resmi disebut Nabi. Sekitar 2 - 3 tahun kemudian barulah Nabi menyampaikannya secara umum dan mulai mendapat perlawanan serta ancaman.
5. Umur 50 thn Nabi isro' mi'roj ke langit tingkat 7 dan mendapat perintah Sholat 5 Waktu.
6. Antara umur 50 - 53 Thn Nabi kehilangan dua orang yg paling dicintai dan paling berpengaruh dalam hidupnya. Dua orang yg paling banyak menolong Nabi, dan kewibawaannya cukup ampuh meredam ancaman yg ditujukan kepada Nabi secara pribadi. Dialah Abu Thalib dan Khadijah. Sang Paman cukup disegani karena kedudukannya, sedangkan sang Istri disegani karena kekayaannya.
Ketika dua orang ini wafat, maka Nabi pun semakin tertekan. Sebagaimana kaum Muslimin lain yg telah sering dianiaya di Mekkah sejak sebelumnya.
7. Umur 53 thn beliau hijrah dari Mekkah ke Madinah, setelah diusir oleh orang Quraisy bahkan akan dibunuh. Belakangan, tahun ini disebut tahun 1 Hijriyah. Kemudian di awal kedatangan ini beliau membangun Masjid Quba dan setelah itu Masjid Nabawi. Penyebaran Islam di Madinah cukup fantastik, hingga Madinah yg sedianya akan dipimpin oleh tokoh Yahudi, justru dipimpin oleh Nabi Muhammad sebagai pendatang baru. Muallaf yg terbanyak adalah dari suku asli Madinah yaitu Aus dan Khozroj, sedangkan dari golongan Yahudi yg insaf bisa dihitung dengan jari. Sampai Nabi mengatakan, "Jika tokoh Yahudi berjumlah 10 orang saja kompak untuk masuk Islam (secara bersamaan), maka semua Yahudi di dunia ini akan masuk Islam".
8. Umur 55 thn beliau melakukan perlawanan pertama melawan kafir Quraisy yaitu perang Badar, yg terjadi pada tgl 17 Romadhon tahun 2 Hijriyah, dan sebulan sebelumnya (bulan Sya'ban) mulai pertama kali turun perintah Puasa Romadhon. Sedangkan zakat juga mulai ditentukan Nisob dan aturannya pada saat itu di bulan Ramadhan dan Syawal, namun sudah mulai diturunkan ayat perintahnya (saat itu masih anjuran) sejak Nabi masih di Mekkah.
9. Umur 58 adalah titik terberat perjuangan Nabi di Madinah, manakala kaum Yahudi Madinah yang sakit hati dengan Nabi bekerjasama dengan Orang Quraisy dan sekitarnya untuk bersinergi mengepung Nabi. Inilah perang Ahzab (kumpulan bala tentara kafir), atau disebut juga perang Khondaq (parit) karena Nabi membuat benteng untuk melindungi umat Islam dengan menggali parit di sepanjang akses menuju Madinah. Situasi Madinah sangat mencekam. Kelaparan tak terelakkan. Bahkan ditambah harus menanggung beratnya menggali parit yg dalam, lebar dan panjang di tanah berbatu.
10. Umur 60 thn (7 Hijriyah) Nabi menyerang Khoibar dan berhasil menakhlukkan perkampungan Yahudi itu.
11. Umur 61 thn (8 Hijriyah) Beliau membawa sekitar 10 ribu pasukan untuk menakhlukkan Mekkah, dan tanpa perlawanan akhirnya berhasil membuat Mekkah menjadi resmi sebagai bagian wilayah negara Islam dibawah pemerintahan Nabi di Madinah, dan Mekkah dipimpin oleh Gubernur muslim yg ditunjuk oleh Nabi (Attab bin Usaid). Selanjutnya pemerintahan Islam terus berpusat di Madinah sampai zaman al-Khulafaur Rosyidun, lalu pindah ke Damaskus (Dinasti Ummayyah), kemudian di Bagdad (Dinasti Abbasiyah) dan terakhir di Turki (Dinasti Usmaniyah). Setelah tahun 1926 Masehi, tidak ada lagi kekhalifahan Islam yg berkuasa secara universal.
12. Umur 62 Thn ( 9 Hijriyah ) semua syareat Islam telah selesai diturunkan, mulai dari Syahadat - Sholat - Zakat - Puasa - termasuk Haji yg diwajibkan mulai tahun 9 H, dan semua ayat al-Quran juga telah diturunkan, karenanya Allah mewahyukan ayat al-Quran yg terakhir turun yaitu :
اليوم أكملت لكم دينكم وأتممت عليكم نعمتي ورضيت لكم الإسلام دينا .
Artinya: "Hari ini telah Ku-sempurnakan untukmu agamamu, dan telah Ku-sempurnakan atas kalian nikmat-Ku, dan Aku ridho untuk kalian Islam sebagai agama".
12. Umur 63 Tahun (10 Hijriyah) Nabi kembali mendatangi Mekkah untuk melaksanakan rukun Islam terakhir yaitu Haji. Meskipun sejak Haji diwajibkan ini adalah yg pertama Nabi lakukan, namun ini disebut Hajji Wada' (perpisahan) karena sekitar 4 bulan kemudian Nabi wafat. Beliau wafat di Madinah dan dimakamkan di tempat wafatnya (kamar Aisyah, gandeng dengan Masjid Nabawi).
Demikianlah sejarah yg cukup singkat dibandingkan Kitab Tarikh yg sesungguhnya.
Jika ingin lebih lengkap silakan buka kitab:
- Siroh Nabawiyah .
- Tarikh Khulafa' .
- Rijalun Haular Rosul .
Atau mengambil dari Kutubus Sittah juga ada.
Wallahu a'lamu bis showab.
Kebenaran yg mutlak hanya milik Allah.