Sujud akhir lama sendiri

Saat sholat subuh tadi ada yang menarik perhatian saya terjadi saat sholat berjama'ah di masjid tempat penulis tinggal. Ada jamaah bukan warga sekitar masjid yang ikut sholat, saat sujud terakhir untuk kemudian duduk membaca tahiyat akhir, beliau ini memilih memperlama sujudnya sehingga saat imam sholat sudah bangkit dari sujud untuk duduk membaca tahiyat akhir,  dia masih terus dalam sujudnya sampai kira 10 detik lamanya.. Sampai akhirnya dia duduk saat mendekati waktu imam sholat mengucapkan salam.
Mengapa bapak itu melakukan hal seperti itu ya? Bukankah di awal sholat dia berniat dalam hatinya akan sholat subuh berjamaah mengikuti imam menghadap kiblat karena Alloh...? Namun kenapa pada prakteknya dia malah diakhir sholatnya tidak mengikuti gerakan imam sholatnya?  Dengan kemungkinannya alasannya adalah memperbanyak doa dalam sujud. Padahal setahu saya sholat berjamaah ya harus mengikuti gerakan imam sholatnya, tidak mendahului, menyamai atau menyelisihi imam sholatnya.

Sesungguhnya, seorang makmum wajib mengikuti imam dalam setiap gerakan shalat. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

إنما جعل الإمام ليؤتم به، فإذا ركع فاركعوا، وإذا رفع فارفعوا، وإذا صلى جالسا فصلوا جلوساً.

 “Sesungguhnya imam diangkat untuk diikuti. Jika imam ruku, maka rukulah. Jika imam berdiri, maka berdirilah. Jika imam shalat dalam keadaan duduk, maka shalatlah dalam keadaan duduk pula” (HR. Muslim).

Kesimpulan dari kejadian ini adalah...
Penulis masih kurang khusuk sholatnya... Habis masih sibuk memperhatikan dan melihati sholatnya orang lain disebelah pojok sana... Hehehe (tepok jidad)..