Qana'ah

Arti Qanaah adalah suatu sikap yang rela menerima dan selalu merasa cukup dengan hasil yang sudah diusahakan serta menjauhkan diri dari rasa tidak puas juga perasaan kurang. Dan seseorang bisa disebut bersifat qonaah apabila memiliki pendirian dengan apa yang telah diperoleh atau bersyukur atas yang ada pada dirinya karena semua adalah kehendak Allah.

Menurut bahasa Arti qanaah adalah merasa cukup. Sedangkan Menurut Istilah Arti qanaah adalah merasa cukup dengan semua yang telah dikaruniakan Allah SWT kepada kita, sehingga kita mampu menjauhkan diri dari sifat tamak, karena semua rezeki yang kita dapatkan sudah menjadi ketentuan dari Allah SWT.

Arti Qanaah merupakan rasa keikhlasan diri untuk menerima apa adanya. Atau bisa diartikan sebagai kerelaan hati menerima semua yang telah diberikan oleh Allah serta merasa cukup dengan apa yang telah dimiliki. Maksud Qanaah disini ini adalah sikap menjauhkan diri dari sikap yang merasa tidak puas terhadap apa yang telah dimiliki. Rela menerima apa adanya, bukan berarti bermalas-malasan atau tidak mau berusaha, akan tetapi kita tetap harus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan hidup.

Qanaah itu mengandung lima hal, yaitu :

Menerima dengan rela apa yang telah dimiliki.
Berusaha dan memohon kepada Allah untuk mendapatkan yang lebih baik.
Menerima dengan sabar dan ikhlas akan ketentuan Allah.
Bertawakal kepada Allah.
Tidak terpedaya oleh tipu daya dunia.

Fungsi Qanaah adalah sebagai :

Stabilisator : jika seorang muslim memiliki sifat qanaah akan selalu berlapang dada, berhati tenteram, merasa kaya, berkecukupan, dan merasa bebas dari sifat tamak dan serakah.
Dinamisator : yaitu, kekuatan batin untuk mendorong seseorang dalam meraih kemenangan dan kejayaan hidup berdasarkan kemandirian dengan tetap memohon kepada karunia ALLAH SWT.

Contoh Perilaku Qanaah :

* Menerima dengan keikhlasan setiap rezeki yang telah diberikan Allah SWT.

* Senantiasa berpikir positif  dalam menerima segala ujian dan cobaan, kegagalan dan karunia dari Allah.

* Bekerja keras, berusaha dan selalu optimis.

* Tidak berlebih-lebihan dalam artian tidak membelanjakan harta berlebihan.