Periksalah kembali kiblat arah sholat kita


"Dan dari mana saja engkau keluar (untuk shalat), maka hadapkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram (Ka'bah), dan sesungguhnya perintah berkiblat ke Ka'bah itu adalah benar dari Tuhanmu. Dan (ingatlah), Allah tidak sekali-kali lalai akan segala apa yang kamu lakukan." (QS. Al-Baqarah : 149)
.
“Baitullah ( Ka'bah ) adalah kiblat bagi orang-orang di dalam Masjid Al-Haram dan Masjid Al-Haram adalah kiblat bagi orang-orang yang tinggal di Tanah Haram (Makkah) dan Makkah adalah qiblat bagi seluruh penduduk bumi Timur dan Barat dari umatku” (HR. Al-Baihaqi)
.
“Jika kamu mendirikan shalat, maka sempurnakanlah wudhu, kemudian menghadap kiblat, lalu takbir, kemudian bacalah apa yang kamu hafal dari qur’an, lalu ruku’ sampai sempurna, kemudian i’tidal sampai sempurna, kemudian sujud sampai sempurna, kemudian duduk di antara dua sujud sampai sempurna, kemudian sujud sampai sempurna, lakukanlah yang demikian itu setiap rekaat.” (HR. Abu Hurairah).

Dalam ajaran Islam, mengadap ke arah kiblat atau bangunan Ka'bah yang berada di Masjidil Haram adalah merupakan tuntutan syariah dalam melaksanakan ibadah tertentu. Berkiblat wajib dilakukan ketika hendak mengerjakan shalat dan menguburkan jenazah Muslim. Menghadap kiblat juga merupakan ibadah sunah ketika tengah azan, berdoa, berzikir, membaca Al-Quran, menyembelih binatang dan sebagainya.

Mencari arah kiblat krusial buat menentukan letak presisi (keakuratan) juga ketepatan arah kiblat nan benar. Cara tradisional selama ini sering mengikuti arah kiblat di mesjid-mesjid. berikut ini alternatif lain cara mencari arah kiblat.

-Kompas. Melalui alat ini Anda dapat mendapat posisi arah kiblat nan pas. Berapa derajat nan dicapai, arah barat atau timur, dsb. Namun, penggunaan kompas belum lazim di masyarakat kita, sehingga cara ini memang kurang populer di masyarakat.
-Internet. Sekarang ini Anda dapat mengecek arah kiblat melalui online. Anda dapat mengecek di google dengan kata kunci deteksi arah kiblat, software arah kiblat, dst. Nanti google akan memberi penunjuk situs mana nan memberi layanan tersebut. Teknologi ini nisbi mudah digunakan, tetapi memang masih terbatas, terutama bagi masyarakat tradisional pedesaan.
-Software di handphone. Arah kiblat dapat dicek hanya dengan via telepon genggam Anda. Sekarang ini banyak software developer nan telah membuat software mendeteksi arah kiblat. Bahkan, di antaranya gratis alias tak berbayar.

Oleh karenanya marilah kita periksa kembali dan koreksi jika salah arah kiblat sholat di masjid, dirumah, atau dimanapun kita biasa mendirikan sholat...