Dua golongan orang orang penyambut bulan Ramadhan

Oleh: Ustadz H. Abdul Aziz Ridwan

“Ahlan Wasahlan ya Ramadhan”... Setiap orang iman, orang islam senantiasa bergembira, mereka senantiasa bersuka-cita, menyambut Ramadhan karena memang Ramadhan adalah Sayyidus Suhud, bulan yang paling mulia, Ramadhan adalah syarun mubarok, bulan yang penuh dengan berkah, Ramadhan adalah syahrul magfiroh, Ramadhan bulan yang penuh dengan pengampunan, dan juga Ramadhan adalah syarul ibadah, bulan musim ibadah bagi orang-orang iman.

Didalam mengucapkan selamat datang Ramadhan, atau biasa dikenal dengan tahmiatur Ramadhan, para ulama membuat dasar salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Al-Imam Bayhaqi dalam kitab Syuabul Iman di riwayatkan pada bulan bulan Ramadhan Nabi bersabda pada para Sahabatnya: ”Telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh barokah, Allah mewajibkan pada kalian untuk puasa didalam bulan Ramadhan”.

Manusia didalam menyambut bulan Ramadhan ada dua golongan.

Golongan pertama : orang-orang yang senang, bergembira, bersuka-cita dalam menyambut bulan Ramadhan, karena didalam bulan Ramadhan penuh dengan kebarokahan, penuh dengan pengampunan penuh dengan rahmat, maka mereka bergembira didalam menyambut bulan Ramadhan.

Mereka menganggap Ramadhan sebagaimana tamu yang menyenangkan, tamu yang membuat mereka bergembira, tamu yang membuat tentram dengannya dan tamu pada saat berpisah membuat mereka bersedih bahkan menangis, mereka seperti itu karena di dalam diri mereka ada beberpa hal;

1. Mereka adalah orang-orang yang biasa tertib mengerjakan kewajiban ibadah, biasa tertib mengerjakan ketaatan sehingga tatkala Ramadhan datang mereka betambah bergembira karena didalamnya penuh dengan keutamaan-keutamaan, penuh dengan pengampunan-pengampunan dari Allah swt.

2. Karena mereka meyakini karena Ramadhan musim untuk orang iman beribadah, Ramadhan merupakan kesempatan emas yang tidak boleh di lewatkan untuk memperbanyak bekal di akhirat, untuk memperbanyak bekal menghadap Allah swt.

3. Karena mereka mengetahui mereka memahami bahwa romadha Ramadhan adalah madrasah imaniyah yaitu tempat latihan keimanan dimana orang iman didalam Ramadhan dituntut meninggalkan hal-hal yang dicintai untuk mengharap ridhonya Allah swt.

Dalam hadis Rasulullah SAW bersabda ”Ketika datang Ramadhan ada yang memanggil ’wahai pencari kebaikan menghadaplah, wahai pencari kejelekan berhentilah”

Maka disini wajib bagi kita untuk melaksanakan apa yang disabdakan Nabi, kita menghadapi bulan ramadhan dengan sukacita dengan bergembira, bukan karena banyak makanan, bukan karena banyak undangan, yang tersedia saat berbuka puasa, melainkan dengan banyaknya rahmat, kefadholan dari Allah. Itulah golongan pertama yang wajib kita ikuti dan kita wajib menjadi golongan yang pertama.

Golongan kedua : manusia pada saat menyambut bulan Ramadhan ada yang biasa-biasa saja, dingin-dingin saja. Mereka menganggap bahwa bulan Ramadhan bulan yang tidak ada keistimewaan, bahkan sebagian mereka menganggap bulan Ramadhan adalah bulan yang berat, mereka mengibaratkan tamu yang tidak menyenangkan, tamu yang tidak mereka sukai, kenapa begitu?

Karena mereka memang tidak membiasakan dirinya dalam ketaatan. Inilah penyebab terbesar, maka ketika Ramadhan datang mereka semakin berat melaksanakan kewajiban-kewajiban, ketaatan-ketaatan dalam bulam ramadhan, karena di bulan Ramadhan banyak kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan, seperti puasa maupun ibadah-ibadah yang lain.

Maka mereka selalu berat, bahkan mereka selalu menghitung hari, kapan ramadhan selesai, jam demi jam, menit demi menit, bahkan detik demi detik. Mereka selalu menghitung kapan perginya Ramadhan.

Yang kedua penyebab mereka biasa-biasa saja dingin-dingin saja, bahkan terasa berat karena mereka terbiasa mengikuti apa yang menjadi kehendak mereka, mereka selalu melepas hawa nafsunya menikmati berbagai kenikmatan dan syahwat.

Marilah kita sambut bulan Ramadhan dengan penuh suka-cita, dengan penuh semangat, singsingkan baju kita untuk ibadah dan ketaatan di bulan Ramadan.