Manfaat manasik haji

Pentingnya Mengikuti Manasik Sebelum Beribadah Haji

Manasik Haji merupakan salah satu program yang diadakan oleh berbagai biro perjalanan haji. Karena pentingnya manasik ini, bahkan banyak Ulama mengatakan hukumnya adalah fardu  atau yang harus diikuti. Terdapat berbagai metode manasik yang semuanya memiliki satu tujuan yaitu memudahkan calon jamaah haji dalam mempelajari rukun-rukun ibadah haji. Program Manasik Haji sangat membantu jamaah khususnya yang baru pertama kali beribadah haji. Berikut adalah beberapa poin mengenai pentingnya mengikuti manasik sebelum beribadah haji.

Prosesi Manasik Haji

Setiap jamaah haji tentunya membutuhkan pemahaman yang utuh tentang rukun-rukun haji. Oleh karena itu setiap jamaah haji mesti mempelajari berbagai rukun-rukun haji tersebut lewat manasik haji. Prosesi manasik haji biasanya dilakukan oleh beberapa pembimbing (ustadz, petugas biro haji, akademisi dan lain-lain) yang akan memberikan informasi mengenai hal-hal penting tentang peribadatan haji seperi wajib haji, rukun haji, amalan sunnah, larangan-larangan dan lain-lain. Selain menggunakan bahasa verbal, para pembimbing tersebut juga akan memberikan berbagai panduan berbentuk modul ataupun buku pada umumnya. Namun di era digital ini, banyak dari biro haji yang memanfaatkan perangkat multimedia dalam prosesi manasik haji.

Karena pentingnya manasik sebelum beribadah haji, maka setiap jamaah harus mengetahui berbagai hal mendetail tentang rukun-rukun haji. Bagi Anda yang belum mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan dalam manasik, berikut beberapa manfaat manasik haji:

Tanpa mengetahui hal-hal penting dalam ibadah haji seperti rukun, sunah, wajib haji dan lainnya maka calon jemaah haji hanya akan menjalankan syubhat. Dengan manasik, jamaah haji akan mengetahui esensi dan juga hubungannya dengan ketauhidan seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW.
Calon jamaah haji bisa mempelajari dan mengamalkan berbagai hal secara mendetail, terperinci dan sesuai dengan Al-Qur’an dan As Sunnah.
Dengan manasik, baik jamaah maupun biro perjalanan tidak perlu khawatir akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan saat jamaah berada di tanah suci.
Calon jamaah haji juga akan diberikan gambaran jelas mengenai lokasi-lokasi yang akan dimasuki saat ibadah haji.
Manasik juga memberikan kesempatan bagi para jamaah untuk saling berkomunikasi dan berkenalan, hal ini sangat berguna terutama untuk kenyamanan selama ibadah haji.
Dengan mengetahui berbagai hal tentang ibadah haji, jemaah akan lebih tenang dan nyaman selama menjalani ibadah haji.

Demikianlah ulasan mengenai pentingnya mengikuti manasik sebelum beribadah haji. Jika Bapak Ibu ingin menjalankan ibadah haji sesuai tuntunan  Al Qur’an dan As Sunnah maka Bapak Ibu bisa mendaftar Haji di Multazam Utama Tour  yang  mempunyai Muthowif -  Muthowif  berpengalaman dalam pelaksanaan Ibadah Haji.

Info bisa buka linknya

http://www.multazam.co.id/

Semoga Bermanfaat