«Cara mendeteksi apakah amalan kita mengandung riya' atau tidak»
By. Muhammad Hafizh Alkayyis
Self Reminder
By. Muhammad Hafizh Alkayyis
Self Reminder
Keikhlasan merupakan amalan hati tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah, bahkan terkadang seseorang merasa dirinya telah ikhlas namun ternyata ia tidak ikhlas karena Allah, bahkan ternyata ia telah terjangkiti penyakit riyaa' tanpa ia sadari.
Oleh karenanya seorang muslim hendaknya senantiasa mengecek kondisi relung-relung hatinya pada lubuk hatinya yang paling dalam.
Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang membantu kita untuk mengetahui jauh dekatnya diri kita dari keikhlasan, demikian untuk mengetahui juga parah tidaknya penyakit riyaa' yang telah menjangkiti kita.
Dan diharapkan pertanyaan-pertanyaan berikut dijawab dengan jujur dan teliti oleh diri sendiri.
1. Apakah engkau senantiasa berhenti sejenak sebelum beramal apapun (baik sebelum sholat, sebelum berdakwah, sebelum menulis sebuah tulisan ilmiah, sebelum menulis status maupun catatan, atau memberi komentar di facebook, dll) untuk mengecek apakah niatku sudah benar ikhlas karena Allah atau tidak??
(Selalu – sering – terkadang –jarang – hampir tidak pernah)
Oleh karenanya seorang muslim hendaknya senantiasa mengecek kondisi relung-relung hatinya pada lubuk hatinya yang paling dalam.
Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang membantu kita untuk mengetahui jauh dekatnya diri kita dari keikhlasan, demikian untuk mengetahui juga parah tidaknya penyakit riyaa' yang telah menjangkiti kita.
Dan diharapkan pertanyaan-pertanyaan berikut dijawab dengan jujur dan teliti oleh diri sendiri.
1. Apakah engkau senantiasa berhenti sejenak sebelum beramal apapun (baik sebelum sholat, sebelum berdakwah, sebelum menulis sebuah tulisan ilmiah, sebelum menulis status maupun catatan, atau memberi komentar di facebook, dll) untuk mengecek apakah niatku sudah benar ikhlas karena Allah atau tidak??
(Selalu – sering – terkadang –jarang – hampir tidak pernah)
Untuk menjawab pertanyaan ini ada sebaiknya kita merenungkan atsar berikut ini :
Ada orang yang berkata kepada Naafi' bin Jubair rahimahullah,
أَلاَ تَشْهَدُ جَنَازَةً؟,
"Apakah engkau tidak menghadiri janazah?"
maka beliaupun berkata,
كَمَا أَنْتَ حَتَّى أنْوِيَ
"Tetaplah di tempatmu hingga aku berniat".
.
Beliaupun berfikir sejenak lantas beliau berkata, "Mari kita jalan" (Jaami'ul 'Uluum wal Hikam 29).
أَلاَ تَشْهَدُ جَنَازَةً؟,
"Apakah engkau tidak menghadiri janazah?"
maka beliaupun berkata,
كَمَا أَنْتَ حَتَّى أنْوِيَ
"Tetaplah di tempatmu hingga aku berniat".
.
Beliaupun berfikir sejenak lantas beliau berkata, "Mari kita jalan" (Jaami'ul 'Uluum wal Hikam 29).
2. Apakah engkau senantiasa berusaha menjadikan kecintaan dan kebencian pada seseorang adalah karena Allah bukan karena perkara dunia apapun?
(Selalu –sering –terkadang –jarang –hampir tidak pernah)
.
Untuk menjawab pertanyaan ini ada baiknya kita renungkan yang berikut ini :
.
Kita semua mengetahui akan keutamaan cinta dan benci karena Allah.
Betapa indahnya tatkala kita mengucapkan kepada saudara kita Uhibbuka fillah (Aku mencintaimu karena Allah), lantas saudara kita menjawab Ahabbakallahu aldzii ahbatnii fiih (Semoga Allah –yang engkau mencintaiku karenaNya- juga mencintaimu).
.
Kita semua sudah mengetahui sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:
.
أَوْثَقُ عُرَى الإِيْمَانِ الْمُوَالاَةُ فِي اللهِ وَالْمُعَادَاةُ فِي اللهِ وَالْحُبُّ فِي اللهِ وِالْبُغْضُ فِي اللهِ
.
"Tali keimanan yang paling kuat adalah berwalaa' karena Allah dan memusuhi karena Allah, cinta karena Allah dan benci karena Allah" (Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam As-Shahihah)
.
Bukankah kita tahu bahwasanya yang hanya boleh dibenci secara mutlak seratus persen hanyalah orang kafir, sedangkan seorang muslim yang bercampur pada dirinya maksiat dan ketaatan maka tidak boleh kita membencinya secara total.
.
Demikian juga seorang muslim yang tercampur pada dirinya sunnah dan bid'ah maka tidak boleh kita membencinya secara total.
.
Akan tetapi kita mencintainya sesuai dengan kadar ketaatan dan sunnah yang dilakukannya dan kita membencinya sesuai dengan kadar maksiat dan bid'ah yang dilakukannya. (Ruju'annya ada pada penjelasan Ibnu Taimiyyah dalam Majmuu' Al-Fataawaa)
.
Inilah penerapan yang benar dari kaidah Al-Walaa wal Baroo'.
.
Namun sering kita dapati :
.
- Ternyata terkadang kita sangat membenci saudara kita yang menyelisihi kita dalam beberapa perkara, padahal perkara-perkara tersebut merupakan perkara khilafiah ijtihadiah
.
- Terkadang kita membenci saudara kita secara total padahal saudara kita tersebut hanya terjerumus dalam sebuah bid'ah dan kita telah mengetahui semangatnya dalam melaksanakan sunnah dan ketaatan kepada Allah.
.
- Terkadang kita menjauhi dan memusuhi saudara kita sesama jamaah bukan karena Allah, akan tetapi lantaran kita ikut-ikutan teman kita yang tidak sependapat dengannya, padahal batin kita menolak hal tersebut???!!!.
Ini berarti kita beramal karena selain Allah, mentahdzir bukan karena takut kepada Allah akan tetapi karena takut kepada manusia.
.
3. Apakah engkau senantiasa bergembira tatkala ada orang lain (mubaligh) yang ikut menyebarkan dakwah, baik didunia nyata atau didunia maya?
(selalu – sering – terkadang – jarang – hampir tidak pernah).
.
Suatu penyakit yang sering menimpa seorang da'i tatkala datang seorang da'i yang lain yang lebih berilmu atau lebih pandai berceramah bahkan lebih disukai oleh para pendengar atau pembaca.
.
Terkadang seseorang berdakwah selama bertahun-tahun dan berhasil mengumpulkan banyak pengikut, dan selama itu ia merasa bahwa dirinya telah ikhlas dalam berdakwah.
Namun kebenaran keikhlasannya teruji tatkala datang seorang da'i yang lebih piawai daripada dirinya.
.
Di sinilah akan nampak apakah ia ikhlas ataukah tidak.
Jika dia ikhlas tentunya ia akan sangat bergembira karena ada dai lain yang membantunya dalam menyebarkan ilmu, terlebih lagi akan bertambah kegembiraannya tatkala ia tahu bahwasanya dai tersebut sangat pandai dalam berdakwah.
.
Akan tetapi jika ternyata selama ini dakwah yang ia bangun bukan di atas keikhlasan maka yang timbul adalah rasa hasad dan dengki yang amat sangat terhadap dai tersebut.
.
Syaikh Utsaimin rahimahullah berkata, "Orang yang berdakwah kepada selain Allah terkadang berdakwah kepada dirinya sendiri, ia berdakwah kepada al-haq (kebenaran) agar ia diagungkan di hadapan masyarakat dan dihormati" (Al-Qoul Al-Mufiid )
.
Beliau juga berkata, "Banyak orang yang kalau berdakwah kepada kebenaran mereka berdakwah kepada diri mereka sendiri" (Al-Qoul Al-Mufiid )
.
Cukuplah bagi kita kisah berharga yang pernah di alami oleh Imam Al-Bukhari, dimana beliau dijauhi dan dimusuhi oleh gurunya sendiri karena hasad (sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnul Qoyyim dalam As-Sowaa'iq Al-Mursalah dan juga Ibnu Hajr dalam Hadyu As-Saari).
.
Padahal sebelum kedatangan Imam Al-Bukhari maka gurunya tersebut banyak memuji beliau dan menganjurkan murid-muridnya untuk menghadiri majelis Imam Al-Bukhari.
Namun tatkala majelis Imam Al-Bukhari ternyata dihadiri banyak orang maka timbullah hasad dalam diri sang guru tersebut.
.
4. Apakah engkau senantiasa mengecek niatmu di tengah amalmu?
(selalu – sering –terkadang – jarang – hampir tidak pernah)
.
Kita harus menyadari bahwasanya meraih keikhlasan adalah perkara yang sulit, akan tetapi lebih sulit lagi adalah menjaga keikhlasan tersebut.
.
Ada dua bentuk menjaga kelanggengan keikhlasan
.
- Menjaga keikhlasan (murni niat karena Allah) agar tetap langgeng pada amalan-amalan berikutnya.
.
- Menjaga keikhlasan tatkala sedang beramal.
Yaitu sebagaimana kita ikhlas tatkala memulai amalan (di awal amalan) demikian juga kita berusaha menjaga keikhlasan tersebut tatkala melakukan amalan.
.
Sufyan At-Tsauri pernah berkata,
.
مَا عَالَجْتُ شَيْئًا أَشَدَّ عَلَيَّ مِنْ نِيَّتِي لأَنَّهَا تَتَقَلَّبُ عَلَيَّ
.
"Tidak pernah aku meluruskan sesuatu lebih berat dari meluruskan niatku, karena niatku selalu berbolak-balik padaku" (jaami'ul 'Uluum wal Hikam)
.
Sungguh benar perkataan Sufyan, niat selalu berbolak-balik dan berubah-ubah.
Sulaiman bin Dawud Al-Haasyimi berkata,
.
رُبَّمَا أُحَدِّثُ بِحَدِيْثٍ وَلِيَ فِيهِ نِيَّةٌ، فَإِذَا أَتَيْتُ عَلَى بَعْضِهِ تَغَيَّرَتْ نِيَّتِي، فَإِذَا الْحَدِيْثُ الْوَاحِدُ يَحْتَاجُ إِلَى نِيَّاتٍ
.
"Terkadang aku menyampaikan sebuah hadits dan aku memiliki niat yang benar dalam menyampaikan hadits tersebut. Maka tatkala aku menyampaikan sepenggal dari hadits tersebut berubahlah niatku. Ternyata untuk menyampaikan satu hadits membutuhkan banyak niat" (Jaami'ul 'Uluum wal Hikam)
.
5. Apakah engkau selalu berusaha menyembunyikan segala amalan sholehmu, (yang paling sering mengupload amal shalih disosmed)?
(selalu – sering – terkadang – jarang – hampir tidak pernah)
.
Menyembunyikan amalan merupakan perkara yang sulit sekali, karena memang hati kita berusaha dan gembira tatkala ada orang yang mengetahui amalan sholeh kita, sehingga orang tersebut akan tahu kedudukan kita.
.
Akan tetapi barangsiapa yang berusaha untuk menyembunyikan amalan sholehnya serta membiasakan dirinya dengan hal itu maka akan dimudahkan oleh Allah.
Para ulama' terdahulu selalu berusaha untuk menyembunyikan amalan mereka..
.
6. Apakah engkau selalu tidak terpengaruh dengan pujian dan celaan masyarakat, karena yang engkau perhatikan hanyalah penilaian Allah dan bukan penilaian manusia?
(Selalu – sering –terkadang – jarang – hampir tidak pernah)
.
Inilah hakekat inti dari keikhlasan, yaitu seseorang hanya menyibukkan hatinya untuk mengetahui bagaimana penilaian Allah terhadap amal sholeh yang ia kerjakan, dan tidak peduli dengan penilaian masyarakat.
.
Sungguh ini merupakan perkara yang sulit dan butuh perjuangan yang sangat berat untuk bisa mencapai hal ini. Oleh karenanya di antara definisi ikhlas adalah :
.
نِسْيَانُ رُؤْيَةِ الْخَلْقِ بِدَوَامِ النَّظْرِ إِلَى الْخَالِقِ
.
"Melupakan pandangan makhluq (manusia) dengan selalu memandang kepada Maha Pencipta" (Tazkiyatun Nafs)
.
Pertanyaan-pertanyaan di atas hanyalah sebagai renungan bagi kita semua, yang mungkin selama ini di antara kita ada yang telah merasa ikhlas dan terlepas dari riyaa' maka hendaknya kita bermuhasabah dengan pertanyaan-pertanyaan di atas...
.
Semoga Allah memberikan manfaat dan barokah.
(Selalu –sering –terkadang –jarang –hampir tidak pernah)
.
Untuk menjawab pertanyaan ini ada baiknya kita renungkan yang berikut ini :
.
Kita semua mengetahui akan keutamaan cinta dan benci karena Allah.
Betapa indahnya tatkala kita mengucapkan kepada saudara kita Uhibbuka fillah (Aku mencintaimu karena Allah), lantas saudara kita menjawab Ahabbakallahu aldzii ahbatnii fiih (Semoga Allah –yang engkau mencintaiku karenaNya- juga mencintaimu).
.
Kita semua sudah mengetahui sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:
.
أَوْثَقُ عُرَى الإِيْمَانِ الْمُوَالاَةُ فِي اللهِ وَالْمُعَادَاةُ فِي اللهِ وَالْحُبُّ فِي اللهِ وِالْبُغْضُ فِي اللهِ
.
"Tali keimanan yang paling kuat adalah berwalaa' karena Allah dan memusuhi karena Allah, cinta karena Allah dan benci karena Allah" (Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam As-Shahihah)
.
Bukankah kita tahu bahwasanya yang hanya boleh dibenci secara mutlak seratus persen hanyalah orang kafir, sedangkan seorang muslim yang bercampur pada dirinya maksiat dan ketaatan maka tidak boleh kita membencinya secara total.
.
Demikian juga seorang muslim yang tercampur pada dirinya sunnah dan bid'ah maka tidak boleh kita membencinya secara total.
.
Akan tetapi kita mencintainya sesuai dengan kadar ketaatan dan sunnah yang dilakukannya dan kita membencinya sesuai dengan kadar maksiat dan bid'ah yang dilakukannya. (Ruju'annya ada pada penjelasan Ibnu Taimiyyah dalam Majmuu' Al-Fataawaa)
.
Inilah penerapan yang benar dari kaidah Al-Walaa wal Baroo'.
.
Namun sering kita dapati :
.
- Ternyata terkadang kita sangat membenci saudara kita yang menyelisihi kita dalam beberapa perkara, padahal perkara-perkara tersebut merupakan perkara khilafiah ijtihadiah
.
- Terkadang kita membenci saudara kita secara total padahal saudara kita tersebut hanya terjerumus dalam sebuah bid'ah dan kita telah mengetahui semangatnya dalam melaksanakan sunnah dan ketaatan kepada Allah.
.
- Terkadang kita menjauhi dan memusuhi saudara kita sesama jamaah bukan karena Allah, akan tetapi lantaran kita ikut-ikutan teman kita yang tidak sependapat dengannya, padahal batin kita menolak hal tersebut???!!!.
Ini berarti kita beramal karena selain Allah, mentahdzir bukan karena takut kepada Allah akan tetapi karena takut kepada manusia.
.
3. Apakah engkau senantiasa bergembira tatkala ada orang lain (mubaligh) yang ikut menyebarkan dakwah, baik didunia nyata atau didunia maya?
(selalu – sering – terkadang – jarang – hampir tidak pernah).
.
Suatu penyakit yang sering menimpa seorang da'i tatkala datang seorang da'i yang lain yang lebih berilmu atau lebih pandai berceramah bahkan lebih disukai oleh para pendengar atau pembaca.
.
Terkadang seseorang berdakwah selama bertahun-tahun dan berhasil mengumpulkan banyak pengikut, dan selama itu ia merasa bahwa dirinya telah ikhlas dalam berdakwah.
Namun kebenaran keikhlasannya teruji tatkala datang seorang da'i yang lebih piawai daripada dirinya.
.
Di sinilah akan nampak apakah ia ikhlas ataukah tidak.
Jika dia ikhlas tentunya ia akan sangat bergembira karena ada dai lain yang membantunya dalam menyebarkan ilmu, terlebih lagi akan bertambah kegembiraannya tatkala ia tahu bahwasanya dai tersebut sangat pandai dalam berdakwah.
.
Akan tetapi jika ternyata selama ini dakwah yang ia bangun bukan di atas keikhlasan maka yang timbul adalah rasa hasad dan dengki yang amat sangat terhadap dai tersebut.
.
Syaikh Utsaimin rahimahullah berkata, "Orang yang berdakwah kepada selain Allah terkadang berdakwah kepada dirinya sendiri, ia berdakwah kepada al-haq (kebenaran) agar ia diagungkan di hadapan masyarakat dan dihormati" (Al-Qoul Al-Mufiid )
.
Beliau juga berkata, "Banyak orang yang kalau berdakwah kepada kebenaran mereka berdakwah kepada diri mereka sendiri" (Al-Qoul Al-Mufiid )
.
Cukuplah bagi kita kisah berharga yang pernah di alami oleh Imam Al-Bukhari, dimana beliau dijauhi dan dimusuhi oleh gurunya sendiri karena hasad (sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnul Qoyyim dalam As-Sowaa'iq Al-Mursalah dan juga Ibnu Hajr dalam Hadyu As-Saari).
.
Padahal sebelum kedatangan Imam Al-Bukhari maka gurunya tersebut banyak memuji beliau dan menganjurkan murid-muridnya untuk menghadiri majelis Imam Al-Bukhari.
Namun tatkala majelis Imam Al-Bukhari ternyata dihadiri banyak orang maka timbullah hasad dalam diri sang guru tersebut.
.
4. Apakah engkau senantiasa mengecek niatmu di tengah amalmu?
(selalu – sering –terkadang – jarang – hampir tidak pernah)
.
Kita harus menyadari bahwasanya meraih keikhlasan adalah perkara yang sulit, akan tetapi lebih sulit lagi adalah menjaga keikhlasan tersebut.
.
Ada dua bentuk menjaga kelanggengan keikhlasan
.
- Menjaga keikhlasan (murni niat karena Allah) agar tetap langgeng pada amalan-amalan berikutnya.
.
- Menjaga keikhlasan tatkala sedang beramal.
Yaitu sebagaimana kita ikhlas tatkala memulai amalan (di awal amalan) demikian juga kita berusaha menjaga keikhlasan tersebut tatkala melakukan amalan.
.
Sufyan At-Tsauri pernah berkata,
.
مَا عَالَجْتُ شَيْئًا أَشَدَّ عَلَيَّ مِنْ نِيَّتِي لأَنَّهَا تَتَقَلَّبُ عَلَيَّ
.
"Tidak pernah aku meluruskan sesuatu lebih berat dari meluruskan niatku, karena niatku selalu berbolak-balik padaku" (jaami'ul 'Uluum wal Hikam)
.
Sungguh benar perkataan Sufyan, niat selalu berbolak-balik dan berubah-ubah.
Sulaiman bin Dawud Al-Haasyimi berkata,
.
رُبَّمَا أُحَدِّثُ بِحَدِيْثٍ وَلِيَ فِيهِ نِيَّةٌ، فَإِذَا أَتَيْتُ عَلَى بَعْضِهِ تَغَيَّرَتْ نِيَّتِي، فَإِذَا الْحَدِيْثُ الْوَاحِدُ يَحْتَاجُ إِلَى نِيَّاتٍ
.
"Terkadang aku menyampaikan sebuah hadits dan aku memiliki niat yang benar dalam menyampaikan hadits tersebut. Maka tatkala aku menyampaikan sepenggal dari hadits tersebut berubahlah niatku. Ternyata untuk menyampaikan satu hadits membutuhkan banyak niat" (Jaami'ul 'Uluum wal Hikam)
.
5. Apakah engkau selalu berusaha menyembunyikan segala amalan sholehmu, (yang paling sering mengupload amal shalih disosmed)?
(selalu – sering – terkadang – jarang – hampir tidak pernah)
.
Menyembunyikan amalan merupakan perkara yang sulit sekali, karena memang hati kita berusaha dan gembira tatkala ada orang yang mengetahui amalan sholeh kita, sehingga orang tersebut akan tahu kedudukan kita.
.
Akan tetapi barangsiapa yang berusaha untuk menyembunyikan amalan sholehnya serta membiasakan dirinya dengan hal itu maka akan dimudahkan oleh Allah.
Para ulama' terdahulu selalu berusaha untuk menyembunyikan amalan mereka..
.
6. Apakah engkau selalu tidak terpengaruh dengan pujian dan celaan masyarakat, karena yang engkau perhatikan hanyalah penilaian Allah dan bukan penilaian manusia?
(Selalu – sering –terkadang – jarang – hampir tidak pernah)
.
Inilah hakekat inti dari keikhlasan, yaitu seseorang hanya menyibukkan hatinya untuk mengetahui bagaimana penilaian Allah terhadap amal sholeh yang ia kerjakan, dan tidak peduli dengan penilaian masyarakat.
.
Sungguh ini merupakan perkara yang sulit dan butuh perjuangan yang sangat berat untuk bisa mencapai hal ini. Oleh karenanya di antara definisi ikhlas adalah :
.
نِسْيَانُ رُؤْيَةِ الْخَلْقِ بِدَوَامِ النَّظْرِ إِلَى الْخَالِقِ
.
"Melupakan pandangan makhluq (manusia) dengan selalu memandang kepada Maha Pencipta" (Tazkiyatun Nafs)
.
Pertanyaan-pertanyaan di atas hanyalah sebagai renungan bagi kita semua, yang mungkin selama ini di antara kita ada yang telah merasa ikhlas dan terlepas dari riyaa' maka hendaknya kita bermuhasabah dengan pertanyaan-pertanyaan di atas...
.
Semoga Allah memberikan manfaat dan barokah.